Cara Membuat Blog di Blogger

Cara Membuat Blog di Blogger - Sudah banyak para blogger yang membahas dan menerangkan tutorial cara membuat blog di blogger atau membuat website. Namun pada kesempatan ini, saya juga ingin berkontribusi untuk sahabat tips blog pedia yang juga ingin bikin blog dan menyalurkan hobinya menulis. Tetapi sebelum kita melangkah menuju tutorial dan cara membuat blog, alangkah baiknya saya juga menerangkan sedikit mengenai blog gratis.

Sebenarnya banyak layanan untuk membuat blog gratis, diantaranya adalah blogger, wordpress, joomla, blog detik dan lain-lain. Akan tetapi dari banyaknya layanan membuat blog gratis tersebut, yang populer dan sering digunakan oleh pengguna internet untuk bikin blog adalah blogger atau wordpress. Selain itu, berdasarkan perkembangannya blogger masih diunggulkan, karena blogger merupakan salah satu produk google yang sampai sekarang merajai dunia internet. Beberapa keunggulan blogger sebagai layanan blog gratis adalah memberi kemudahan berupa navigasi, sehingga banyak orang mudah menggunakannya.

Pada awalnya blogger merupakan media penyalur bakat atau hobi bagi banyak penulis. Namun seiring dengan perkembangannya serta kebutuhan, kegiatan blogging juga dapat menghasilkan uang. Hal inilah yang menjadi salah satu landasan mengapa banyaknya blogger pemula yang bermunculan dan mungkin salah satunya Anda. Terlepas dari itu, sebelum anda membuat blog, saya ingatkan kepada Anda bahwa tetapkanlah niat Anda untuk blogging dan mau dibawa kemana blog Anda nantinya.

Tutorial Cara Membuat Blog


Berikut ini adalah tutorail cara membuat blog gratis di blogger, namun sebelumnya perlu saya sampaikan kepada anda bahwa syarat utama sebelum membuat blog adalah Anda harus memiliki akun email, apakah itu di gmail atau yahoo mail. Sekarang saya asumsikan bahwa Anda semua telah memiliki akun email, untuk itu mari kita lanjutkan.

1. Silahkan login ke blogger melalui http://blogger.com/
2. Rubah bahasa yang digunakan melalui opsi "pilih bahasa" yang berada di sudut kanan bawah layar. Rubaha bahasa menjadi bahasa indonesia agar lebih mudah dipahami.

cara membuat blog

3. Login menggunakan username/nama pengguna serta password gmail/yahoo mail anda.

membuat blog

4.Silahkan isi form data Anda seperti berikut:

  • Nama tampilan : Isi dengan nama yang akan ditampilkan pada profile blog anda nantinya.
  • Jenis Kelamin : pilih jenis kelamin Anda, misalnya: Pria atau wanita bila jenis kelamin Anda adalah wanita.
  • Penerimaan Persyaratan : Beri ceklis/centang sebagai tanda anda setuju dengan peraturan dan persyaratan yang telah di tetapkan oleh pihak blogger. Sebaiknya baca terlebihdahulu persyaratan dan ketentuan yang diberikan pihak blogger agar Anda mengerti dan tidak menyalahi aturan.

5. Kemudian klik tanda panah bertuliskan “Lanjutkan”. Kemudian klik "Blog Baru" seperti gambar dibawah ini

cara bikin blog

6. Isi data Anda melalui form yang terlampir disana seperti:

  • Judul : Isi dengan judul blog yang Anda inginkan, misal : Tutorial Cara Membuat Blog
  • Alamat (URL) : isi dengan alamat blog yang di inginkan.
  • Template : pilih template (tampilan blog) yang Anda disukai
7. Jika sudah, maka lanjutkan dengan klik tombol "Buat blog"  yang berada di bawah form tersebut. Lihat gambar di bawah ini.

tutorial cara membuat blog

Sekarang blog Anda sudah selesai dibuat, namun Anda harus mengsinya dengan beberapa artikel agar blog Anda tidak dianggap spam oleh google. Untuk mulai membuat artikel di blog silahkan lanjutakan membaca.

8. Klik tulisan "Mulai memposkan" lohat gambar dibawah ini

cara membuat blog di blogger

9. Isi judul dan artikel yang ingin Anda postkan di blog

tutorial blogger

10. Setelah tulisan Anda selesai di ketik lalu klik "pratinjau" untuk melihat hasil sementara, jika sudah sesuai maka klik "publikasikan"

Sampai disini blog Anda sudah siap, dan saya ucapkan selamat. Untuk itu saya akhiri tutorial cara membuat di blogger ini, semoga bermanfaat. Pastikan Anda terur mengunjungi tips blog pedia untuk mendapatkan panduan blogger dan SEO terbaru.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi bermanfaat serta Ebook Gratis dari Tips Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu caranya:
  1. Ketik email kamu pada kotak berlangganan artikel dibawah ini
  2. Kemudian klik Subscribe
  3. Buka Email kamu untuk verifikasi berlangganan artikel dari Tips Blog Pedia
Share Article :
Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar