Perbedaan Sistem Informasi Alfamart dan Indomaret

Perbedaan Sistem Informasi Alfamart dan Indomaret - Pada kesempatan ini saya akan sedikit memberikan informasi mengenai Sistem Informasi yang digunakan oleh dua minimarket yang berbeda yaitu Alfamart dan Indomaret. Indomaret yang lebih dulu membuka gerainya di beberapa kota besar dan sampai sekarang Indomaret terdapat di kota - kota kecil bersaing dengan Alfamart.

Sistem Informasi Alfamart dan Indomaret


Walau sama-sama berkecimpung dalam dunia minimarket terdapat perbedaan dalam sistem inforasi yang dipakai oleh kedua minimarket tersebut. mari kita lihat yang selengkapnya.

1. Indomaret

Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang cepat dengan transaksi melebihi 45 juta struk per bulan, dapat terlaksana karena didukung oleh sistem teknologi informasi yang andal. Sistem tersebut terintegrasi pada setiap point of sales (POS) kasir di semua gerai yang menca­kup sistem penjualan, persediaan, dan penerimaan barang. Teknologi di POS kasir tersebut sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan perkembangan jumlah gerai dan transaksi pada masa depan.

Untuk mempercepat pelayanan dan kenyamanan berbelanja di kasir, Indomaret menggunakan pemindai (scanner barcode), pembayaran dengan Indomaret Card, Jak Card, pembayaran debit dan penarikan tunai dari berbagai bank.

Dalam bidang distribusi barang, Indomaret menerapkan Digital Picking System dan Tail Gate System pada setiap pusat distribusinya. Kedua sistem ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengiriman maupun penurunan barang di gerai Indomaret.

2. Alfamart

Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan adalah suatu system software yang akan membantu proses penjualan dan pembelian barang dengan menerapkan system administrasi yang kuat untuk Pencatatan dari barang masuk, penyimpanan barang di gudang, sampai dengan barang keluar atau dijual. Dilengkapi dengan system pelaporan yang sistematis dan akurat, adapun modul – modul yang terintegrasi dalam Sistem Informasi Alfamart ini adalah : Data dan Kelompok Barang, Data Suplier, Data Customer, Order Pembelian, Penjualan .

Artikel terkait:
  1. Alfamart Official License Merchandise FIFA Piala Dunia Brazil 2014
  2. Penghargaan yang diraih Alfamart
  3. Sejarah Alfamart
  4. Kontes SEO Alfamart
Sistem Informasi di buat dengan maksud untuk melengkapi System yang telah ada sebelumnya. Hasil yang kami buat adalah system informasi pembelian dan penjualan pada Minimarket Alfamart.Menurut data perusahaan tersebut, system informasi ini bertujuan untuk mempermudah dalam entry data pada proses penjualan dan pembelian. Selain itu untuk menghemat waktu dan tenaga. System informasi Minimarket ini menggunakan Microsoft Access 2007 karena software ini mudah di buat dan mudah di gunakan.untuk kedepannya sisstem ini akan banyak digunakan oleh berbagi produsen yang menjual barang dagangan. tips blog pedia
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi bermanfaat serta Ebook Gratis dari Tips Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu caranya:
  1. Ketik email kamu pada kotak berlangganan artikel dibawah ini
  2. Kemudian klik Subscribe
  3. Buka Email kamu untuk verifikasi berlangganan artikel dari Tips Blog Pedia
Share Article :
Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar